Kementerian Agama Republik Indonesia

MTs Negeri 5 Demak

Unggul dalam prestasi, Cerdas, Terampil dalam teknologi, dan Berperilaku Islami

SEKILAS SEJARAH MTs Negeri Bonang

1.   Sejarah berdirinya MTs Negeri Bonang

Sejak ditetapkannya SK Mentri Agama RI Nomor: 107 Tahun   1997 Tanggal 17 Maret 1997 yang diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Kabupaten Demak pada tanggal 18 juni 1997 di desa Tridonorejo Kecamatan Bonang telah rersmi ada MTs Negeri yang semula dari MTs Sunan Kalijaga yang didirikan oleh yayasan pendidikan islam Sunan Kalijaga Kecamatan Bonang.

Kehadiran MTs Negeri Bonang adalah Kehendak Yayasan agar MTs Swasta yang dikelolanya dapat dinegerikan, Jadi dengan SK Menteri Agama RI tersebut MTs Sunan Kalijaga berubah menjadi MTs Negeri Bonang .Atas dasar perlimpahan tersebut perjalanan MTs Negeri Bonang tidak sama dengan MTs Negeri murni paket dari Departemen Agama. MTs Negeri Bonang adalah mengelola hibah dari  MTs Sunan lam Kalijaga mulai dari saran fisik yang terdiri dari 9 ruang  kegiatan belajar mengajar yang dibangun sejak tahun 1971 oleh Yayasan sampai tahun 1979 dalam keadaan rusak berat dan dengan fasilitas seadanya.

Tenaga edukatif yang semula terdiri dari 1 orang kepala Madrasah Negeri dan 2 oranga guru DPK dari Depag Kabupaten Demak ditambah 15 orang guru Swasta. Dari keadadaan tersebut MTs Negeri Bonang harus merubah sistem yang ada semula dari Madrasah swasta penuh dialih fungsikan menjadi MTs Negeri dengan manajemen yang baik. Tentunya hal ini membutuhkan pemikiran yang komplek dan tenaga yang cukup. Guna menuju  MTs Negeri yang baik selalu diadakan perubahan perubahan yang berarti  sehingga dapat segera menyesuaikan dengan madrasah Negeri yang Lain. Walaupun dengan langkah yang bertatih tatih dan semangat yang  tinggi seluruh jajaran edukatif yang ada MTs Negeri Bonang dapat berjalan dan berkembang menuju MTs Negeri yang baik dan modern.

2.   Letak Geografis

MTs Negeri Bonang secara gaeografis terletak di daerah pedalaman atau pedesaan yang terletak 12 km dari kota demak dan daerahnya pertanian dan pesisir Hal ini sangat mempengaruhi pada kehidupan masyarakatnya termasuk pada kehidupan para siswa MTs Negeri Bonang.

Berdasarkan letak geografis sangat berpengaruh terhadap 3 aspek kehidupan masyarakat dan siswa MTs Negeri Bonang sebagai berikut :

  1. Aspek Keagamaan
  2. Aspek ekonomi
  3. Aspek sosio kultural.                 

3.  Manajemen Madrasah

Dalam rangka menciptakan kelulusan yang cerdas berkualitas iman dan taqwa memiliki ciri khas keungulan ketrampilan dan penguasaan teknologi menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi maju dan penuh prestasi, meruapakan tujuan MTs Negeri Bonang yang akan dicapai .Mengembangkan dan membentuk watak serta mencerdaskan peserta didik, agar menjadi manusia beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri diperlukan tindakan nyata dari pelaksana-pelaksana pendidikan. Kepala Madrasah selaku penanggungjawab  dan pelaksana pendidikan di Madrasah mempunyai tanggung jawab yang komplek, karena Kepala Madrasah  dituntut untuk bisa berfungsi sebagai educator, manager, administrator dan leader yang harus bisa mengelola masalah-masalah pendidikan dengan baik. Dengan demikian Kepala Madrasah sangat berperan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, agar proses belajar mengajar berjalan baik dan lancar.

Disamping itu guru, pegawai administrasi dan pesuruh  selaku pembantu-pembantu kepala Madrasah sangat menentukan dalam pelaksanaan tugas kesehariannya sesuai dengan bidang masing-masing. Untuk itu diperlukan pembinaan yang terprogam, dan terus menerus didalam pelaksanaan tugas dengan penuh tanggung jawab, sehingga bila terjadi penyimpangan-penyimpangan sekecil apapun dapat diketahui sedini mungkin dan diupayakan untuk diluruskan.

Kita harus sadar bahwa guru ,pegawai administrasi dan komite Madrasah merupakan bagian dari masyarakat Madrasah yang harus dapat menciptakan ketahanan Madrasah sehingga pelaksanaan proses belajar bisa berjalan dengan tertib dan lancar.

Untuk itu perlu disusun RKM/RKAM yang merupakan petunjuk dan bantuan dalam pengelolaan Madrasah serta bagian data pendukung dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Agenda

  • 22-10-2018  07:00
    PERINGATAN HARI SANTRI 2018